Sepakbola Kanada: Dari Bergantung Pada Kompetisi Negara Tetangga Hingga Mendirikan Kompetisi di Negara Sendiri

Sepakbola bukan saja menjadi sebuah olahraga yang dimainkan oleh 2 regu yang berisikan 11 orang, melainkan sepakbola telah menjadi sebuah budaya bahkan hingga menjadi alat politik. 

Oleh: Arif I. Ismail

Tak terkecuali sepakbola di negara Kanada, salah satu negara di Amerika Utara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, bukti sejarah bahwa sepakbola telah masuk ke Kanada adalah pertandingan sepakbola yang dimainkan di Toronto pada tahun 1859 antara St. George’s Society dan sebuah tim yang berisikan orang dari Irlandia. Pertandingan ini dimainkan di New Westminster pada tahun 1862 dan dilaksanakan kembali Victoria pada tahun 1865. Setelah itu Dominion Football Association, sebuah asosiasi sepakbola pertama yang tercatat di luar Inggris Raya, dibentuk di Toronto pada tahun 1877. Pertandingan Sepakbola yang statusnya tingkat negara pertama kali di Kanada adalah dengan dilaksanakannya pertandingan uji coba antara Kanada dengan Amerika Serikat pada 28 November 1885 yang menjadi sebuah pertandingan sepakbola internasional pertama yang dilaksanakan di luar Inggris Raya. Pertandingan diadakan di New Jersey, sekaligus menjadi awal mula terbentuknya federasi sepakbola Kanada maupun Amerika Serikat.

Ketika itu, sepakbola Kanada masih berada di bawah naungan Canada`s Western Football Association mengundang Amerika Serikat untuk mengadakan uji tanding yang status federasinya juga masih belum resmi, yaitu American Football Association. Meski dianggap sebagai pertandingan internasional pertama di luar Inggris Raya, pada akhirnya Kanada dan Amerika Serikat menganggap bahwa pertandingan ini tidak resmi (melihat dari status kedua federasi yang belum resmi).  Dalam pertandingan ini, penjaga gawang Kanada, J.N. McKendrick, menjadi pahlawan setelah sukses menghalau peluang-peluang yang diciptakan oleh para pemain Amerika Serikat. Berkat penampilan hebatnya pulalah, Kanada berhasil menggondol kemenangan 0-1 yang dicetak oleh Alex Gibson pada menit 10.

Setelah seperempat abad lebih pertandingan sepakbola antara Kanada dengan Amerika Serikat yang tercatat sebagai pertandingan pertama negara Kanada, tepatnya bulan Juli 1912, Federasi Sepakbola Kanada (Canadian Football Association) yang sekarang menjadi Canadian Soccer Association (CSA) didirikan di Winnipeg, Manitoba. Pada pertemuan tersebut, Asosiasi Sepak Bola Manitoba bergabung dengan asosiasi provinsi Ontario, New Ontario, Quebec, Saskatchewan, dan Alberta untuk membentuk asosiasi nasional. Lalu organisasi ini menjadi anggota FIFA pada 31 Desember 1912. Pada 1926, CSA membentuk kompetisi liga sepakbola yang berisikan tim-tim dari Ontario dan Quebec yang saat itu belum dianggap sebagai liga profesional.

Tim Nasional Sepakbola Kanada Saat Melawan Tim Nasional Sepakbola Australia pada Tahun 1924 dalam Australian Tours
Sumber: canadiansoccerhistory.com

Dari tahun 1940-an hingga 1960-an, Kanada memiliki empat liga utama berstatus amatir, yakni Pacific Coast Soccer League (didirikan pada tahun 1939-40), National League of Ontario/Quebec (didirikan pada tahun 1947), Eastern Canada Professional League  (didirikan pada tahun 1961) , dan West Canada League (didirikan pada tahun 1963). Klub Sepakbola Kanada juga bermain di North American Soccer League yang berbasis di Amerika Serikat. Memasuki tahun 1960-an ada upaya bersama untuk mendorong sepakbola profesional di Kanada. Eastern Canada Professional League yang dibentuk pada tahun 1961 menampilkan tim-tim sepakbola dari Toronto, Montreal, Hamilton, hingga klub dari Kota Buffalo, Negara Bagian New York, Amerika Serikat. Bahkan salah satu klub pesertanya yang berasal dari Kota Toronto bernama Toronto City, menampilkan beberapa bintang sepakbola dari Inggris yang saat itu sedang terkenal, termasuk pemain internasional Irlandia Utara bernama Danny Blanchflower yang didatangkan secara pinjaman dari Klub Inggris Tottenham Hotspurs, pemain terkenal lainnya adalah Stanley Matthews dan Johnny Haynes dan pemain internasional Skotlandia Jackie Mudie dan Tommy Younger.

Baca Juga :   FC Barcelona dan Nasionalisme Catalonia

Olimpiade Montreal Hingga Klub Toronto ikut NASL

Olimpiade Musim Panas ke-21 yang diadakan di Montreal pada tahun 1976, dari cabang sepakbola yang seharusnya diikuti oleh 16 peserta hanya diikuti oleh 13 peserta setelah negara-negara Afrika memboikot pertandingan sebagai protes terhadap kebijakan apartheid Afrika Selatan. Pertandingan pembuka antara Kanada melawan Uni Soviet di Stadion Olimpiade, dengan hasil kekalahan 2-1 untuk Kanda. Kanada juga kehilangan pertandingan keduanya di Toronto saat melawan Korea Utara dan akhirnya tersingkir dari turnamen. Pada tahun yang sama, Toronto Metros-Kroasia salah satu klub dari Kota Toronto yang ikut berlaga di kompetisi North American Soccer League (NASL) dengan hasil memenangkan Soccer Bowl (pertandingan final NASL) yang diadakan di Seattle, dimana Toronto Metros-Kroasia mengalahkan Tampa Bay Rowdies salah satu klub sepakbola besar dari Minnesota dengan mencetak gol sebanyak 3 buah dan dengan nirbobol untuk gawang Toronto Metros-Kroasia. Masih dari ajang North American Soccer League klub dari Kanada lainnya yang bermarkas di British Columbia bernama Vancouver Whitecaps memenangkan Soccer Bowl edisi 1979, dengan mengalahkan klub yang sama dengan lawan dari Toronto Metros-Kroasia dengan hasil 2-1 yang berlangsung di Giants Stadium di New Jersey.

Tim Nasional Sepakbola Kanada Saat Melawan Tim Nasional Sepakbola Hongaria pada Turnamen Piala Dunia Sepakbola FIFA tahun 1986 di Mexico
Sumber: thesefootballtimes.co

Pada tahun 1987 didirikan sebuah kompetisi amatir yang bernama Canadian Soccer League (CSL) dengan tim dari delapan kota di Kanada. Namun popularitas dari CSL ini masih kalah daripada kompetisi Hockey dan American Football, hingga setelah musim 1992 CSL terpaksa mengakhiri operasi dengan Vancouver 86ers dan Montreal Impact sebagai klub paling sukses memilih bergabung dengan kompetisi APSL di Amerika Serikat. Pada Januari 1993, Toronto Blizzard mengikuti jejak klub sebelumnya untuk bergabung dengan APSL, dan selama itu negara yang terkenal dengan daun Mapple-nya tidak memiliki klub yang bertanding di kompetisi sepakbola profesional yang diakui Induk Organisasi Sepakbola Dunia (FIFA). Hingga akhirnya pada 2007, klub dari Provinsi Ontario yang bernama Toronto FC mulai bermain di Major League Soccer (MLS) sebuah kompetisi sepakbola profesional yang didirikan pada tahun 1996 menggantikan North American Soccer League yang berada di Amerika Serikat. Berkiprahnya Toronto FC bagaikan sebuah pemantik klub-klub di Canada untuk ikut menjadi bagian dari MLS ini, tercatat pada tahun 2011, Vancouver Whitecaps menyusul bergabung ke MLS yang diikuti oleh Montreal Impact pada satu tahun berselang.

Seiring dengan perkembangan waktu sepakbola Kanada semakin diterima oleh masyarakatnya pertandingan-pertandingan MLS yang dilaksanakan di stadion miliki 3 klub yang berbasis di Kanada selalu penuh dan mulai muncul basis-basis suporter militan yang meniru Inggris dan Italia, dan akhirnya pada 6 Mei 2017 badan organisasi promotor Kompetisi Sepakbola Profesional pertama kali di Kanada terbentuk dengan nama Canadian Premier League (CPL), dan menjadikan sebagai kompetisi tertinggi di negara tersebut. CPL atau beberapa orang menyebutnya CanPL mulai menggulirkan kompetisinya pada musim 2019 dengan klub peserta berjumlah 7 klub yang berasal dari  provinsi di Kanada, yakni Cavalry FC dan FC Edmonton dari Provinsi Alberta, Forge FC dan York9 FC berasal dari Provinsi Ontario, berikutnya HFX Wanderers yang berasal dari Provinsi Nova Scotia, selanjutnya Pacific FC yang bermarkas di Provinsi British Columbia, dan terakhir ada Valour FC yang berbasis dari Provinsi Manitoba. Ketujuh Klub ini saling beradu untuk mendapatkan Trofi Canadian Premier League dan 1 tiket lolos ke babak pendahuluan kompetisi CONCACAF Champions League. Pada akhir musim kompetisi klub Forge FC ditasbihkan diri sebagai Juara setelah mengalahkan Cavalry FC di final. Menapaki tahun berikutnya ekspansi dari CPL mulai bergeliat, bukti nyatanya adalah bergabungnya klub dari ibukota Kanada bernama Atletico Ottawa yang dimiliki oleh salah satu klub besar dari Spanyol Atletico Madrid. Dari sinilah Kompetisi Sepakbola Kanada mulai berdiri diatas kaki sendiri tanpa harus bergantung kepada Kompetisi Sepakbola Amerika Serikat. 

Baca Juga :   Buruh Perempuan dalam Industri Gula di Surakarta 1860-an hingga 1930

SUMBER: 

Buku

Goldbatt, David. 2007. The Ball is Round: A Global History of Football. London: Penguin Books.

Kuper, Simon. 2011. Football Against the Enemy. London: The Times.

Tulisan Internet

Frasetya Vadi Aditya. 2014. MLS Bermimpi Untuk Jadi Liga Terbaik di Dunia. panditfootball.com. Diakses pada 02 Juni 2020.

Taufiq Nur Shidiq. 2014. Meninggalkan Tradisi Hanya Untuk Kembali (dan Pergi Lagi). Artikel. panditfootball.com. diakses pada 02 Juni 2020.

Link Web

canadasocer.com

canpl.ca

forums.soccerfansnetwork.com/showthread.php?t=33033

issuu.com/canadasoccer/docs/20181231_canada_records_results

mlssoccer.com

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Related Posts