Keharmonisan Bahasa Dalam Membangun Peradaban Bangsa

Bahasa adalah alat komunikasi yang disusun dalam bentuk satuan-satuan seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara tertulis maupun lisan. Sejak manusia muncul di muka bumi, ada ribuan bahasa yang diciptakan dengan sistem yang biasa disebut tata bahasa. Oleh karena itu, setiap bahasa mempunyai tata bahasanya masing-masing. Bahasa merupakan faktor dasar dan prasyarat bagi perkembangan peradaban manusia. Bahasa juga sebagai unsur penting kebudayaan dan berperan dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Bahasa memungkinkan semua orang untuk berkomunikasi dengan orang lain, menjalin hubungan sosial dan lebih memahami dunia di sekitar mereka.

Oleh Septian Dwi Putra

Di era globalisasi seperti sekarang, bahasa memengaruhi budaya, pendidikan dan teknologi. Hal ini dikarenakan bahasa itu alat ekspresi ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa juga memengaruhi penggunaan bahasa nasional seperti bahasa Indonesia yang mungkin terpinggirkan. Oleh karena itu, bahasa dapat dianggap sebagai simbol peradaban dunia karena peran dan pengaruhnya yang sangat penting dalam kehidupan manusia. 

Bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam membangun peradaban bangsa Indonesia. Terbukti Indonesia telah  membawa bangsa Indonesia menuju perkembangan peradaban, seperti lahirnya organisasi pejuang kemerdekaan Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang berhasil meningkatkan kesadaran perjuangan kemerdekaan. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pengantar pendidikan nasional yang dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan, sarana pembentukan kepribadian dan pengembangan kecerdasan anak bangsa agar Indonesia semakin maju. Dalam kehidupan berbangsa di era globalisasi, bahasa Indonesia harus mampu bersaing dengan bahasa yang lainnya dalam hal digitalisasi.

Bahasa yang harmonis dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan modal penting untuk mewujudkan Indonesia yang damai, maju dan modern. Selain itu, pengajaran bahasa Indonesia juga perlu ditingkatkan agar setiap orang dapat lancar berbahasa Indonesia. Permasalahan yang sering muncul adalah kecenderungan perbedaaan bahasa dan budaya dengan yang lainnya sehingga saling memandang rendah di antara keduanya. Oleh karena itu, komunikasi berbahasa Indonesia untuk membangun peradaban bangsa sangatlah penting. Untuk membangun peradaban bangsa yang tangguh, unggul, maju bermartabat memerlukan upaya dan kerjasama antara organisasi kebahasaan, seluruh sektor pemerintahan, masyarakat dan semua pihak yang terkait. 

 Hal ini akan selalu berkaitan dan harus disempurnakan dengan melibatkan setiap anak bangsa Indonesia. Untuk membangun keharmonisan bahasa dalam membangun peradaban bangsa, dapat dilakukan beberapa cara. Pertama,  meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia agar setiap orang dapat menguasai bahasa Indonesia. Kedua, memperkuat kerjasama antar lembaga bahasa, seluruh sektor pemerintahan, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. Ketiga, meningkatkan kemampuan komunikasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Keempat, meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun peradaban bangsa.  

Keharmonisan Bahasa juga memiliki manfaat penting dalam membangun peradaban bangsa. Berikut manfaat keharmonisan bahasa dalam membangun peradaban bangsa. Pertama,  memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Bahasa yang harmonis itu dapat memperkuat kesatuan dan keutuhan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan modal penting untuk mewujudkan Indonesia yang damai, maju, dan modern untuk melawan kebodohan. Kedua, meningkatkan keterampilan komunikasi dan penyebaran informasi di masyarakat. Di era persaingan bisnis global saat ini, kemampuan berkomunikasi dan menyebarkan informasi sudah menjadi keterampilan yang sangat dicari masyarakat. Ketiga, meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun peradaban bangsa. Untuk membangun peradaban bangsa yang kokoh, unggul, maju, dan bermartabat diperlukan kerja keras dan kerja sama seluruh masyarakat indonesia. 

Baca Juga :   Dampak Sosial-Ekonomi Revolusi Industri di India Pada Abad XIX

Kita sebagai masyarakat Indonesia dapat melakukan berbagai cara untuk membangun keharmonisan Bahasa. Caranya dengan meningkatkan pendidikan Bahasa Indonesia, meningkatkan kerjasama antara lembaga bahasa, kerjasama antara semua unsur seperti pemerintah, dan masyarakat, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan penyebaran informasi pada masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun peradaban bangsa. 

Selain itu, pendidikan juga memegang peran penting dalam menciptakan harmoni dalam keberagaman sosial budaya. Pendidikan yang inklusif dan berbasis multikultural dapat membantu menghilangkan prasangka dan diskriminasi, serta memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara masyarakat yang beragam. Melalui pendidikan, generasi muda dapat diajarkan tentang pentingnya menghormati perbedaan, menghargai budaya orang lain, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Tidak hanya itu, media juga memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan harmoni dalam keberagaman sosial budaya. Media memiliki kekuatan untuk membentuk opini dan persepsi masyarakat. Oleh karena itu, media harus bertanggung jawab dalam menyajikan informasi yang akurat, berimbang, dan tidak menimbulkan konflik antar suku, agama, bahasa, atau budaya. Media juga dapat memainkan peran aktif dalam mempromosikan nilai-nilai harmoni, toleransi, dan persatuan di antara masyarakat.

Selain faktor-faktor di atas, partisipasi aktif dari semua pihak juga diperlukan dalam menciptakan harmoni dalam keberagaman sosial budaya. Setiap individu, kelompok masyarakat, dan lembaga harus berperan aktif dalam membangun hubungan yang harmonis dan saling menghormati. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta juga penting untuk menciptakan kebijakan dan program yang mendukung harmoni dalam keberagaman sosial budaya.

Referensi

Basseng, Triatmojo Sejati. 2017. “Wawasan Kebangsaan Dan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara.” By Lembaga Administrasi Negara. Jakarta: CV. Eureka Media Aksara 

Dewi S. Tanti, M.T. Hidayat. 2013. Komunikasi Indonesia Untuk Membangun Peradaban bangsa. Jakarta: PT. Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Jakarta.

Lado, Versatile Holiday. 2022. Pendidikan. September 26. https://tirto.id/pengertian-bahasa-peran-fungsi-bahasa-secara-umum-di-masyarakat-gdhW.

Pendidikan, Artikel. 2023. “Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya: Menggapai Keselarasan (65 karakter).” Literasi, Juli 27.

Rahardjo, Mudjia. 2010. “Bahasa, Pemikiran dan Peradaban (Telaah Filsafat Pengetahuan dan Sosiolinguistik).”

2008. Rancangan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Kebahasaan (Agustus 2008). Agustus. Accessed Desember 24, 2023. https://id.wikisource.org/.

Solikhon, Umar. 2022. “Penguatan Peran Bahasa Indonesia sebagai Modal Menuju Bahasa Internasional.” Badan Bahasa. 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts